فضل يوم عرفة
Hari 'Arafah adalah hari kesembilan dalam bulan Dzulhijjah dimana pada hari tersebut jama'ah haji disyari'atkan melakukan wukuf di 'Arafah. Hari Arafah memiliki banyak keutamaan diantaranya :
1. Hari Arafah Adalah Hari Disempurnakan Agama Islam Dan Nikmat
Allah menurunkan kepada NabiNya pada hari Jumat ba'da Ashar tanggal 9 Dzulhijjah tahun 10 Hijriah di Arafah yaitu firman Allah :
( الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ الإِسْلاَمَ دِينًا )
"Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.” (QS. Al Maidah : 3)
Dalam shahihain (Bukhari-Muslim), dari jalan periwayatan Thariq bin Syihaab bahwa ada seorang Yahudi berkata kepada ‘Umar bin aA-Khaththab dengan berkata :
آيَةٌ فِى كِتَابِكُمْ تَقْرَءُونَهَا لَوْ عَلَيْنَا مَعْشَرَ الْيَهُودِ نَزَلَتْ لاَتَّخَذْنَا ذَلِكَ الْيَوْمَ عِيدًا . قَالَ أَىُّ آيَةٍ قَالَ ( الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ الإِسْلاَمَ دِينًا ) . قَالَ عُمَرُ قَدْ عَرَفْنَا ذَلِكَ الْيَوْمَ وَالْمَكَانَ الَّذِى نَزَلَتْ فِيهِ عَلَى النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – وَهُوَ قَائِمٌ بِعَرَفَةَ يَوْمَ جُمُعَةٍ
“Ada ayat dalam kitab kalian yang kalian membacanya dan seandainya ayat tersebut turun di tengah-tengah orang Yahudi, tentu kami akan menjadikannya sebagai hari perayaan (hari ‘ied).” “Ayat apakah itu?” tanya ‘Umar. Ia berkata, “(Ayat yang artinya): Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.” ‘Umar berkata, “Kami telah mengetahui hal itu yaitu hari dan tempat di mana ayat tersebut diturunkan pada Nabi ﷺ. Beliau berdiri di ‘Arofah pada hari Jum’at.” (HR. Bukhari no. 45 dan Muslim no. 3017).
2. Hari 'Arafah Adalah Hari Raya Bagi Kaum Muslimin Yang Wukuf di Arafah
Nabi ﷺ bersabda:
يوم عرفة ويوم النحر وأيام التشريق عيدنا أهل الإسلام ، وهي أيام أكل وشرب (رواه أهل السنن)
“Hari Arafah, hari Nahr dan hari-hari Tasyriq adalah hari raya kami orang Islam, ia adalah hari makan dan minum.” (HR. Ahlis Sunan.)
Diriwayatkan dari Umar bin Khoththab bahwa beliau mengatakan, “Ayat ini diturunkan (maksudnya ayat ( اليوم أكملت – pada hari Jumat di hari Arafah. Keduanya menjadi hari raya bagi kami alhamdulillah.
3. Wukuf Di Arafah Merupakan Rukun Haji Yang Paling Pokok.
Nabi Muhammad ﷺ ditanya oleh sekelompok orang dari Nejed tentang haji, maka beliau ﷺ menjawab :
الْحَجُّ عَرَفَةُ
"Haji itu adalah Arafah." (HR. at-Tirmidzi no. 889, an-Nasâ’i no. 3016 dan Ibnu Mâjah no. 3015 , dihukumi shahih oleh al-Albâni)
4. Hari 'Arafah Adalah Hari Yang Mulia Sehingga Allah Bersumpah Dengannya
Allah Ta'ala berfirman :
وشاهد ومشهود (سورة البروج :3)
“Dan yang menyaksikan dan yang disaksikan.” (QS. Al-Buruj : 3)
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu sesungguhnya Nabi ﷺ bersabda :
اليوم الموعود يوم القيامة ، واليوم المشهود يوم عرفة ، والشاهد يوم الجمعة ( رواه الترمذي وحسنه الألباني)
“Hari yang dijanjikan adalah hari kiamat, dan hari yang disaksikan adalah hari Arafah. Yang menjadi saksi adalah hari Jum'ah.” (HR. Tirmizi dihasankan oleh Albani)
Hari 'Arafah adalah ganjil dimana Allah bersumpah dengannya dalam firman-Nya;
والشفع والوتر (سورة الفجر :3)
“Dan yang genap dan yang ganjil.” (QS. Al-Fajr: 3)
Ibnu Abbas mengatakan, “Yang genap adalah hari adha dan yang ganjil adalah hari Arafah. Ia termasuk pendapat Ikrimah dan Dhohhak.
5. Puasa Di Hari Arafah Memiliki Keutamaan Yang Besar
Puasa sehari ini menghapuskan dosa dua tahun, sebagaimana dijelaskan dalam hadits Abu Qatâdah Radhiyallahu anhu bahwa Nabi ﷺ bersabda :
صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ
“Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim).
Puasa Arafah ini disunnahkan hanya untuk selain jamaah haji. Orang yang berhaji tidak disunnahkan puasa hari Arafah, sebab Nabi ﷺ tidak berpuasa Arafah ketika berhaji.
6. Hari Arafah Termasuk Hari Terbaik Untuk Berdoa Kepada Allah
Hal ini diberitakan Rasulullah ﷺ dalam hadits Amru bin Syu’aib dari bapaknya dari kakeknya (Abdullah bin Amru bin al-Ash) bahwa Nabi ﷺ bersabda :
خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ وَخَيْرُ مَا قُلْتُ أَنَا وَالنَّبِيُّونَ مِنْ قَبْلِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ
“Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah. Dan sebaik-baik yang kuucapkan, begitu pula diucapkan oleh para Nabi sebelumku adalah ucapan “LAA ILAHA ILLALLAH WAHDAHU LAA SYARIKA LAH, LAHUL MULKU WALAHUL HAMDU WA HUWA ‘ALA KULLI SYA-IN QODIIR (Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Miliki-Nya segala kerajaan, segala pujian dan Allah yang menguasai segala sesuatu).” (HR. Tirmidzi no. 3585; Ahmad, 2:210. Syaikh Al-Albani menyatakan hadits ini shahih dilihat dari syawahid atau penguat-penguatnya, lihat Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, no. 1503.)
7. Hari Arafah Adalah Hari Dimana Allah Paling Banyak Membebaskan Hamba-Nya Dari Neraka
Nabi ﷺ bersabda :
مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ: مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ ؟
Tidak ada hari di mana Allâh membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para malaikat dan berkata: Apa yang mereka inginkan?” (HR. Muslim no. 1348)
8. Hari Arafah Adalah Hari Ketika Allah Mengambil Sumpah Janji Kepada Keturunan Adam.
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma berkata, Rasulullah ﷺ bersabda :
إن الله أخذ الميثاق من ظهر آدم بنعمان - يعني عرفة - وأخرج من صلبه كل ذرية ذرأها ، فنثرهم بين يديه كالذر ، ثم كلمهم قبلا ، قال : " ألست بربكم قالوا بلى شهدنا أن تقولوا يوم القيامة إنا كنا عن هذا غافلين (172) أو تقولوا إنما أشرك آباؤنا من قبل وكنا ذرية من يعدهم أفتهلكنا بما فعل المبطلون (سورة الأعراف :172-173 ، رواه أحمد وصححه الألباني)
“Sesungguhnya Allah mengambil janji setia dari punggung Adam di Nikman –maksudnya Arafah – dan mengeluarkan dari tulang rusuknya semua keturunan yang melanjutkannya. Dan disebarkan diantara kedua tangannya seperti biji. Kemudian semua ditanya sebelumnya, seraya mengatakan: "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi." (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan). atau agar kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya orang-orang tua kami telah mempersekutukan Tuhan sejak dahulu, sedang kami ini adalah anak-anak keturunan yang (datang) sesudah mereka. Maka apakah Engkau akan membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang sesat dahulu.” (QS. Al-A’raf: 172-173, HR. Ahmad dan dishahihkan oleh Al-Albany)
9. Hari Arafah Adalah Hari Dimana Allah Mendekat Dan Membanggakan Hamba-Nya Yang Wukuf Di Hadapan Para Malaikat
Dari Ibnu Umar sesungguhnya Nabi ﷺ bersabda :
إن الله تعالى يباهي ملائكته عشية عرفة بأهل عرفة ، فيقول : انظروا إلى عبادي أتوني شعثا غبرا (رواه أحمد وصححه الألباني)
“Sesungguhnya Allah membanggakan penduduk Arafah kepada malaikat-Nya pada siang Arafah, Seraya berfirman, “Lihatlah kepada hamba-Ku mereka datang dalam kondisi lusuh dan berdebu.” (HR. Ahmad dan dishahihkan oleh Albani)
Dalam shahih Musim dari Aisyah radhiallahu 'anha dari Nabi ﷺ bersabda :
مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ: مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ ؟ (رواه مسلم)
“Tidak ada hari yang lebih banyak Allah membebaskan seorang hamba dari neraka di banding pada hari Arafah. Sesungguhnya Dia mendekat dan membanggakannya (di hadapan) para malaikat, seraya bertanya, “Apa yang mereka inginkan?” (HR. Muslim)
Sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam : وَإِنَّهُ لَيَدْنُو artinya turun kelanggit dunia dan mendekat dari hambaNya di ‘Arafah dengan kedekatan sesuai kebesaran dan keagungannya serta kemaha sempurnaanNya tanpa memvisualkan dan menyerupakan dengan selainnya, tanpa menyimpangkannya dan menafikannya Sifat turun dan dekat dari ahli Arafah termasuk rahmat Allah dimana akan ada disana banyak kebaikan dan keberkahan serta turunya rahmat Allah, sebagaimana dalam hadits dari Nabi ﷺ bahwa beliau menjawab seorang shahabat ketika bertanya tentang pahala berhaji. Beliau bersabda:
فَإِنَّ لَكَ مِنَ الْأَجْرِ إِذَا أَمَمْتَ الْبَيْتَ الْعَتِيقَ أَلَا تَرْفَعَ قَدَمًا أَوْ تَضَعَهَا أَنْتَ ودَابَّتُكَ إِلَّا كُتِبَتْ لَكَ حَسَنَةٌ، وَرُفِعَتْ لَكَ دَرَجَةٌ، وَأَمَّا وُقُوفُكَ بِعَرَفَةَ فَإِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ لِمَلَائِكَتِهِ: يَا مَلَائِكَتِي مَا جَاءَ بِعِبَادِي؟ قَالُوا: جَاءُوا يَلْتَمِسُونَ رِضْوَانَكَ وَالْجَنَّةَ، فَيَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ: فَإِنِّي أُشْهِدُ نَفْسِي وَخَلْقِي أَنِّي قَدْ غَفَرْتُ لَهُمْ عَدَدَ أَيَّامِ الدَّهْرِ، وَعَدَدَ الْقَطْرِ، وَعَدَدَ رَمْلِ عَالِجٍ، وَأَمَّا رَمْيُكَ الْجِمَارَ فَإِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ: {فَلَا تَعَلَّمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ} [السجدة: 17] ، وَأَمَّا حَلْقُكَ رَأْسَكَ فَإِنَّهُ لَيْسَ مِنْ شَعْرِكَ شَعَرَةٌ تَقَعُ فِي الْأَرْضِ إِلَّا كَانَتْ لَكَ نُورًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَأَمَّا الْبَيْتُ إِذَا وَدَّعْتَ، فَإِنَّكَ تَخْرُجُ مِنْ ذُنُوبِكَ كَيَوْمِ وَلَدَتْكَ أُمُّكَ»
"Sungguh engkau mendapatkan dari pahala apabila kamu telah berangkat ke Ka’bah maka tidaklah kamu dan kendaraanmu mengangkat kaki atau meletakkannya kecuali ditulis untukmu satu kebaikan dan diangkat untukmu satuderajat. Adapun wukufmu di Arafah, maka Allah berfirman kepada para Malaikat, Wahai para Malaikat mengapa hambaKu datang? Mereka menjawab: Mereka datang mencari keridhaan Engkau dan syurga. Lalu Allah berfirman, Sungguh Aku bersaksi kepada diriKu dan makhlukKu bahwa Aku telah mengampuni dosa mereka sejumlah hari-hari setahun dan sejumlah tetesan hujan dan sejumlah pasir yang saling bertumpuk-tumpuk. Sedangkan lemparanmu batu jamrah maka Allah berfirman: (yang artinya), Seorangpun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (QS. As-Sajdah/32:17). Sedangkan cukuran kepalamu maka tidaklah ada satu helaipun dari rambutmu jatuh ke tanah kecuali akan menjadi cahaya bagimu di hari kiamat. Adapun Ka’bah bila kamu tinggalkan maka kamu keluar dari dosamu seperti hari ibumu melahirkanmu. (HR ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Ausath no.2320 dan dihasankan al-Albani dalam shahih at-Targhib wa at-Tarhib no 1113).
Sedangkan dalam riwayat yang lebih jelas lagi dalam al-Mu’jam al-Kabir dengan redaksi :
وَأَمَّا وُقُوفُكَ بِعَرَفَةَ فَإِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ يَنْزِلُ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا فَيُبَاهِي بِهِمُ الْمَلَائِكَةَ فَيَقُولُ: «هَؤُلَاءِ عِبَادِي جَاءُونِي شُعْثًا غُبْرًا مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ يَرْجُونَ رَحْمَتِي، وَيَخَافُونَ عَذَابِي، وَلَمْ يَرَوْنِي، فَكَيْفَ لَوْ رَأَوْنِي فَلَوْ كَانَ عَلَيْكَ مِثْلُ رَمْلِ عَالِجٍ، أَوْ مِثْلُ أَيَّامِ الدُّنْيَا أَوْ مِثْلُ قَطْرِ السَّمَاءِ ذُنُوبًا غَسَلَهَا اللهُ عَنْكَ
"Adapun wuquf mu di Arafah, maka Allah ‘Azza wa Jalla turun ke langit dunia lalu berbangga dengan kalian dihadapan Malaikat lalu berfirman: “Mereka hamba-hambaKu datang kepadaku dalam keadaan kusut berdebu dari semua penjuru yang jauh mengharapkan rahmatKu dan takut dengan adzabKu dan mereka belum melihatKu, Bagaimana seandainya mereka telah melihatKu”. Seandainya kamu memiiki dosa seperti pasir yang bertumpuk-tumpuk atau sepertu hari-hari dunia atau seperti tetasan air hujan maka Allah akan mencucinya dari kamu." (HR ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabiir no. 1566 dan dihasankan al-Albani dalam Shahih al-Jaami no. 1360).
10. Hari Arafah Adalah Hari Yang Paling Membuat Syaithan Jengkel Dan Hari Yang Allah Penuhi Hamba-hambaNya Dengan Rahmat Serta Ampunan
Nabi ﷺ bersabda :
مَا رُئِيَ الشَّيْطَانُ يَوْمًا هُوَ فِيهِ أَصْغَرُ وَلَا أَدْحَرُ وَلَا أَحْقَرُ وَلَا أَغْيَظُ مِنْهُ فِي يَوْمِ عَرَفَةَ وَمَا ذَاكَ إِلَّا لِمَا رَأَى مِنْ تَنَزُّلِ الرَّحْمَةِ وَتَجَاوُزِ اللَّهِ عَنْ الذُّنُوبِ الْعِظَامِ إِلَّا مَا أُرِيَ يَوْمَ بَدْرٍ قِيلَ وَمَا رَأَى يَوْمَ بَدْرٍ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ أَمَا إِنَّهُ قَدْ رَأَى جِبْرِيلَ يَزَعُ الْمَلَائِكَةَ
"Tidaklah tampak syaithan pada satu hari dia berada yang lebih rendah, jengkel, hina dan marah dari keadaannya di hari Arafah. Tidaklah hal itu kecuali karena melihat turunnya rahmat dan Allah memafkan dosa-dosa besar. Kecuali yang ditampakkan di perang Badar. Ada yang bertanya, Apa yang ditampakkan pada perng Badar wahai Rasulullah? Beliau menjawab, Dia melihat Jibril mengatur barisan Malaikat. (HR Maalik dalam al-Muwatha` no. 944 dan sanadnya shahih dampai Thalhah bin Ubaidillah bin Kuraiz dan Ia seorang Tabi’in sehingga haditsnya mursal. Hadits ini di lemahkan syeikh al-Albani dalam Dha’if at-targhib wa at-Tarhib no.739. Al-Haafizh Ibnu Abdilbarr berkata, makna hadits ini benar dari banyak sisi).
والله تعالى أعلم بالصواب، والحمد لله رب العالمين.
Komentar
Posting Komentar